Selasa, 15 Maret 2011

RPP N SILABUS


SILABUS

Sekolah                             : SMA
Mata Pelajaran                : BIOLOGI
Kelas/Program                : X/IPA
Semester                           : Genap
Standar Kompetensi  : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian
Kompotensi dasar
Materi pokok/ Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi waktu (menit)
Sumber/ bahan/alat
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian
Keseimbangan lingkungan


Pencemaran lingkungan


Pelestarian lingkungan

Menjelaskan materi pelajaran

Tanya jawab



-          Menjelaskan keseimbangan lingkungan dan polusi
-          Mendeskripsikan macam-macam pencemaran
-          Menjelaskan faktor penyebab perubahan lingkungan
-          Menjelaskan upaya pencegahan terhadap pencemaran lingkungan

-          Tes pilihan ganda
-       Keaktifan di dalam kelas
-       Perhatian/ konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.
-           
2 x 45
Sumber : Buku acuan


Media : power poin

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                         : Biologi
Kelas/ Semester                        : X (Sepuluh)/ genap
Alokasi Waktu                          : 2 Jam Pelajaran
   Standar Kompetensi                : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem,  perubahan materi dan energy serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Indikator                                  : - Menjelaskan keseimbangan lingkungan dan polusi
                                                    -  Mendeskripsikan macam-macam pencemaran
                                                    - Menjelaskan faktor penyebab perubahan lingkungan
                                                    - Menjelaskan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
I. Tujuan                                :
                        Setelah proses pembelajaran selesai siswa diharapkan dapat :
a.       Menjelaskan keseimbangan lingkungan dan polusi
b.      Menyebutkan sifat polutan
c.       Menjelaskan pencemaran menurut tempat terjadinya
d.      Menyebutkan macam bahan pencemar
e.       Membedakan 3 tingkat pencemaran
f.       Menjelaskan perubahan lingkungan karena campur tangan manusia dan factor alam
g.      Menjelaskan upaya pencegahan pencemaran lingkungan



II. Materi Ajar
A.    Keseimbangan lingkungan
B.     Polusi
C.    Macam-macam pencemaran
1.      Menurut tempat terjadinya
a.       Pencemaran udara
b.      Pencemaran air.
c.       Pencemaran tanah
2.      Menurut bahan pencemarnya
D.    Perubahan lingkungan
E.     Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
III. Metode Pembelajaran
·   Ceramah
·   Tanya jawab
IV. Langkah-langkah pembelajaran
a. Kegiatan awal (15 menit)
·   Guru memasuki ruangan dan memberi salam
·   Guru menanyakan kabar siswa
·   Guru mengabsen
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
·   Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan pertanyaan dasar tentang  materi yang akan di pelajari.
b. Kegiatan inti (65 menit)
·   Guru menyajikan materi pelajaran mengenai lingkungan.
·   Guru mempersilahkan siswa bertanya jika ada penjelasan yang kurang jelas.
c.  Kegiatan akhir  (10 menit)
·   Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·   Guru memberikan tugas individu kepada siswa berupa soal pilihan ganda.
V. Alat/Bahan/sumber
     a. Sarana/ alat belajar
     1. Papan tulis                      3. LCD
     2. Laptop                            4. LKS
 b. Sumber
     Buku Biologi SMA kelas X
VI. Penilaian
a.    Tes tertulis
b.   Keaktifan di dalam kelas
c.    Perhatian/ konsentrasi dalam kegiatan belajar mengajar.






























                                                                          Nama                :
                                                                          Nis/Kelas          :



Pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar !

1.   Dibawah ini yang bukan merupakan sumber pencemaran air adalah ….
A.    Zooplankton
B.     Zat radioaktif
C.     Infection agent
D.    Pestisida
E.     Zat anorganik
2.   Masuknya bahan-bahan ke dalam lingkungan yang dapat mengganggu makhluk hidup di dalamnya disebut ….
A.    Polutan
B.     Ozon
C.     Polusi
D.    Asap
E.     Efek rumah kaca
3.   Di bawah ini yang bukan merupakan gas-gas yang mencemari udara aladah….
A.    CO
B.     CFC
C.     O2
D.    NO2
E.     NO
4.   Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh sampah yang membusuk merupakan salah satu contoh polusi ….
A.    Air
B.     Suara
C.     Tanah
D.    Sungai
E.     udara
5.   Berikut ini yang bukan merupakan bentuk limbah rumah tangga adalah ….
A.    Tinja
B.     Grey water
C.     Sampah organik
D.    Limbah pabrik
E.     Air seni

6.   Dengan masuknya polutan ke dalam lingkungan akan menjadikan lingkungan….
A.    Kian beragam komponen biotiknya
B.     Menjadikan kompleksitas yang tinggi komponen abiotiknya
C.     Menambahkan kualitas lingkungan
D.    Mengurangi daya dukung lingkungan
E.     Tidak mempengaruhi kestabilan ekosistem





















Kunci jawaban
1.   A
2.   C
3.   C
4.   E
5.   D
6.   D


          


















Materi Ajar
F.     Keseimbangan lingkungan
             Keseimbangan lingkungan merupakan keadaan ketika terjadi keseimbangan antara jumlah energi yang masuk dan keluar, bahan makanan yang terbentuk dan yang digunakan, serta keseimbangan antara komponen abiotik dan biotiknya. Keseimbangan lingkungan akan terganggu jika terjadi gangguan pada salah satu komponennya.
             Contoh lingkungan alami yang seimbang adalah hutan. Di hutan, tumbuhan sebagai produsen ada dalam jumlah yang mencukupi untuk perlindungan dan makanan bagi konsumen tingkat pertama, seperti burung pemakan tumbuhan, rusa dan monyet. Tumbuhan di hutan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik karena kondisi lingkungan abiotik yang sesuai.
G.    Polusi
             Berbagai industri selain menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia juga menghasilkan buangan atau limbah. Limbah adalah suatu benda atau zat yang mengandung berbagai bahan yang membahayakan kehidupan manusia, hewan,serta mahluk hidup lainnya. Limbah umumnya muncul sebagai hasil perbuatan manusia, termasuk industrialisasi. Masuknya limbah rumah tangga dan industry ke dalam sungai menyebabkan pencemaran atau polusi air sungai.
             Polusi atau pencemaran adalah masuknya suatu komponen ke dalam suatu lingkungan dengan kadar yang melebihi batas normal, masuknya suatu komponen ke tempat yang tidak semestinya, atau adanya suatu komponen dalam suatu lingkungan pada waktu yang tidak tepat. Polusi tersebut dapat menyebabkan lingkungan kurang berfungsi atau bahkan tidak berfungsi dengan baik.
             Makhluk hidup, zat, energy, atau komponen penyebab pencemaran disebut polutan.
H.    Macam-macam pencemaran
             macam pencemaran dapat dibedakan berdasarkan pada tempat terjadinya, macam bahan pencemarnya, dan tingkat pencemar.
1.      Menurut tempat terjadinya
       Menurut tempat terjadinya, pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga yaitu pencemaran udara, air dan tanah.
d.      Pencemaran udara
             Pencemaran udara adalah penambahan komponen udara yang keberadaannya dapat merugikan serta membahayakan organisme. Polusi udara bukanlah masalah baru, apalagi di kota-kota besar. Sumber utama pencemaran kota adalah asap dari berbagai industri dan kendaraan bermotor. Selain itu kebakaran hutan yang sering terjadi saat ini menimbulkan asap yang cukup mengganggu.
e.       Pencemaran air
             Air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup. Jika air tercemar, zat pencemar dapat memasuki tubuh makhluk hidup dan terakumulasi dalam tubuh mahluk hidup. Pencemaran air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar contohnya  pembuangan limbah rumah tangga, pembuangan sampah, pembuangan detergen, pembuangan sisa industri, dan sebagainya.
f.       Pencemaran tanah
             Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh hal-hal berikut :
- Sampah-sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan seperti plastic, kaleng dan botol.
- Detergen yang tidak dapat diuraikan secara alami
- zat kimia lainnya.
g. Pencemaran suara
               Bunyi atau suara yang dapat mengganggu dan merusak pendengaran manusia disebut kebisingan. Tingkat kebisingan terjadi bila intensitas bunyi melampaui 50 desibel (dB).
2.      Menurut bahan pencemar
                   Macam bahan pencemar adalah sebagai berikut :
- Kimiawi : berupa zat radioaktif, logam (Hg,Pb,As,Cd dan Ni), pupuk anorganik, pestisida dan minyak
-  Biologi : Berupa mikroorganisme, misalnya E.coli, Entamoeba coli dan Salmonella thyphosa
- Fisik : Berupa kaleng-kaleng, botol, plastic dan karet.
3.      Perubahan lingkungan
             Perubahan lingkungan dapat terjadi oleh aktivitas manusia atau kejadian alam seperti letusan gunung berapi, kebakaran hutan, dan longsor. Perubahan yang ditimbulkan oleh aktivitas manusia dapat bersifat positif dan dapat pula bersifat negatif. Bersifat positif artinya bermanfaat bagi kesejahteraan manusia, sedangkan bersifat negative dapat merugikan bagi kehidupan manusia.
1.      Perubahan lingkungan karena aktivitas manusia
Perubahan lingkungan karena aktivitas manusia, contohnya penebangan hutan, pembangunan, dan penggunaan bahan-bahan yang akhirnya dapat merugikan.
2.      Perubahan lingkungan akibat faktor alam
Perubahan lingkungan karena faktor alami disebabkan oleh bencana alam. Bencana alam tersebut misalnya banjir, gempa bumi, dan gunung meletus.
4.      Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
             Upaya yang dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan yaitu
5.      Pencemaran air
       untuk mengurangi terjadinya pencemaran air, dapat dilakukan usaha-usaha pencegahan, antara lain sebagai berikut :
-    Tidak membuang sampah di sembarang tempat, baik itu di parit maupun di sungai.
-    Tidak membuang limbah sembarangan dengan cara membuat tempat pengolahan   limbah cair, air limbah diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke perairan sehingga air limbah tersebut tidak berbahaya bagi ekosistem air.
-    Tidak membuang atau menggunakan pupuk pertanian secara berlebihan
6.      Pencemaran udara
       Upaya- upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari terjadinya pencemaran udara adalah :
a.       Mengurangi atau mengganti bahan bakar rumah tangga yang berasal dari fosil dengan bahan bakar yang ramah lingkungan
b.      Tidak merokok di dalam ruangan
c.       Mencegah terjadinya kebakaran hutan, perusakan hutan, dan penggundulan hutan.
d.      Menanam tumbuhan hijau di sekitar rumah dan berpartisipasi dalam penghijauan dan reboisasi
e.       Adanya peraturan yang mengharuskan membuat cerobong asap bagi industri dan pabrik
7.      Pencemaran tanah
       Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah pencemaran tanah yaitu dengan metode pengolahan sebagai berikut :
a.       Penyimpanan, yaitu tanah yang terkontaminasi digali dan dibawa ke gudang
b.      Penyimpanan untuk disimpan sementara sampai ditemukan cara mengolah yang tepat
c.       Teknik insitu, yaitu pengolahan tanah terkontaminasi di tempat dengan konvensi biologi dan kimia, pemisahan daerah terkontaminai agar tidak mencemari lingkungan lainnya.
d.      Teknik exsitu, yaitu pengolahan tanah terkontaminasi digali dan diolah di suatu unit pengolahan, antara lain, dapat dilakukan dengan cara memisahkan bahan pencemar dengan tanah, penguraian kontaminan dengan mikoba, pemanfaatan energy panas yang dapat menguapkan kontaminan dari tanah, dan ekstraksi kontaminan dari tanah.










Nama              :  Irnayanti Bahar
NIM                : 081404076
Jurusan          : Pendidikan Biologi
UIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar