Sabtu, 23 April 2011

Materi Sma


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran       : Biologi
Kelas/ Semester      : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan             : 1
Alokasi Waktu       : 2 Jam pelajaran (2x × 45 menit)



Standar Kompetensi
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan      tertentu,kelaianan dan/atau penyakit yang mungin terjadi, serta implkasinnya pada Salingtemas.
Kompetensi Dasar
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur , funsi, dan proses serta  kelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan misalnya ruminansia.
I. Tujuan Pembelajaran
Kognitif
a. Produk
1.   Siswa mampu menjelaskan macam-macam proses pencernaan berdasarkan prosesnya.
2.   Siswa mampu menjelaskan proses pencernaan makanan.
3.   Siswa mampu menyebutkan organ-organ sistem pencernaan secara berurut.
4.   Siswa mampu menjelaskan fungsi organ-organ pencernaan.
b. Proses
6. Diterapkan sebuah model pembelajaran berupa  Student Teams  Achievement Division (STAD), siswa dapat  aktif dalam penyajian presentasi kelompok, sehingga terjadi diskusi kelas.
Psikomotor
7. Dengan model STAD tersebut, siswa dapat menunjukkan keterampilannya berkomunikasi dengan siswa lainnya, kerja sama yang baik, dan kekompakan mereka dalam berdiskusi.




Afektif
a.    Karakter
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter, meliputi: Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter.
b.    Keterampilan sosial
Selama proses pembelajaran , siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial.
II. Indikator
Kognitif
a.     Produk
1.     Menjelaskan macam-macam proses pencernaan.
2.     Menyebutkan organ-organ sistem pencernaan secara berurut.
3.     Menjelaskan fungsi organ-organ pencernaan.
4.     Menjelaskan proses pencernaan makanan.
Proses
5.    Mempresentasikan hasil diskusi kelompok kecil, dan terjadi umpan balik dari kelompok lain sehingga menjadi diskusi kelas.
Psikomotor
6.    Berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik sesama anggota kelompok maupun anggota kelompok lain.
 Afektif
a. Karakter
Menunjukan perilaku berkarakter, meliputi Teliti, jujur,  peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman.
b. Keterampilan Sosial
Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi .
III. Materi Pembelajaran
1.     Macam-macam proses pencernaan makanan berdasakan prosesnya.
2.     Proses pencernaan makanan.
3.     Organ- organ sistem Pencernaan.
4.     Fungsi organ-organ pencernaan.



IV. Model Pembelajaran
1.    Model : Pembelajaran Kooperatif
2.    Metode : Ceramah, STAD.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
Untuk Tujuan Pembelajaran No: 1, 2, 3, 4 dan tujuan afektif
Pembukaan (+ 10 menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Memasuki ruang kelas dan menanyakan kabar siswa, meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a dan mengabsen, setelah itu memberikan apersepsi yang berhubungan dengan sistem pencernaan yaitu ” Tubuh sehat merupakan keinginan setiap orang. Hal ini karena dapat mendukung kelancaran aktivitas kita. Gemuk dan kurus sangat dipengaruhi oleh pola makan. Pola makan sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan alat pencernaan kita. Misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dapat berpengaruh terhadap asam lambung, demikian juga dengan mengonsumsi makanan berserat dapat mempermudah buang air besar.
Selanjutnya, guru mengarahkan siswa untuk berpikir tentang system yang akan dipelajari melalui apersepsi yang telah diberikan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari.








Inti (+ 70 menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Guru membagi siswa ke dalam kelompok kecil yang beranggotakan 3 orang dalam 1 kelompok.
 Guru menyampaikan materi pelajaran secara umum yang berhubungan dengan sistem pencernaan, diantaranya Macam-macam proses pencernaan. Proses pencernaan makanan,Organ- organ sistem Pencernaan dan Fungsi organ-organ pencernaan.
Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok berupa LKS untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
Setiap wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya sehingga terjadi diskusi kelas.
Siswa dari kelompok lain mendengarkan dan menanggapi hasil diskusi dari kelompok tersebut.
Setelah semua wakil dari setiap kelompok telah mempresentasikan hasil diskusinya maka guru memberi evaluasi berupa soal pilihan ganda untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai materi sistem pencernaan.










Penutup (10  menit)

Kegiatan
Penilaian oleh Pengamat
1
2
3
4
Guru menunjuk salah satu siswa untuk  menyimpulkan materi pelajaran. 




VI. Media Pembelajaran
A. Sumber Belajar
              1. Buku Biologi Untuk SMA Kelas XII , Priadi arif2006. Yudhistira.
2. Buku Biologi Kelas XII IPA , Sembiring langkah, Sunda Kelapa
Pustaka.
3. LKS
4. Power point
B. Sarana / Alat Belajar
1. Papan tulis
2. Spidol
3. Laptop
4. LCD
5. Lembar Tugas diskusi.
VII. Penilaian
1.    Diskusi STAD
2.    Komunikasi yang baik
3.    Perhatian atau konsentrasi dalam kegitan belajar mengajar




Makassar,    April 2011
       Mengetahui
                                                                          
  Dosen Pembimbing                                    Mahasiswa Microteaching



Arsad Bahri, S.Pd, M.Pd.                                       Irnayanti Bahar
NIP. 1984 01 15 2006 04 1 002                          NIM. 08140407








MATERI AJAR
SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

A.Macam-macam proses Pencernaan makanan 
Proses pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan. Antara proses dan organ-organ serta kelenjarnya merupakan kesatuan system pencernaan. System pencernaan berfungsi memecah bahan-bahan makanan menjadi sari-sari makanan yang siap diserap dalam tubuh.
          Berdasarkan prosesnya, pencernaan makanan dapat dibedakan menjadi dua macam seperi berikut :
1. Proses mekanis, yaitu pengunyahan oleh gigi dengan dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung.
2. Proses kimiawi, yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim-enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul
          Makanan mengalami proses pencernaan diawali sejak masuknya makanan di dalam mulut hingga proses pengeluaran sisa-sisa makanan hasil pencernaan. Adapun proses pencernaan makanan meliputi hal-hal berikut.
1.  Ingesti: pemasukan makanan dalam tubuh
2.  Mastikasi: proses mengunyah makanan
3.  Deglutisi: proses menelan makanan
4.  Digesti: pengubahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim.
5.  Absorpsi : Proses penyerapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar